Selasa, 12 April 2011

Tokoh

CHARLIE CHAPLIN 

Salah satu novel karangan Charles Dicken mengungkapkan sisi kehidupan seorang tokoh comedian terkenal di dunia. Disitu dapat kita bayangkan kehidupan sang comedian Charlie Chaplin yang penuh dengan derita di masa kecilnya. Ia hidup dalam kemiskinan bersama kakaknya, Sydney. Ibunya mengalami gangguan mental dan masuk rumah sakit jiwa.
Sebenarnya kedua orang tua Charlie cukup ternama. Mereka adalah musisi music hall. Sayang keduanya bercerai saat Charlie masih sangat muda. Walaupun ayahnya musisi yang sangat terkenal pada masa itu, ibunyalah yang menjadi idola Charlie. Pada masa kecilnya, Charlie sering mengunjungi ibunya dibelakang panggung ketika ibunya sedang mengadakan pertunjukan. Pengalaman inilah yang membuatnya memutuskan untuk menjadi seorang artis.
Untuk mencapai cita-citanya itu, Charlie bergabung dengan kelompok tari The Eight Lancashire Lads. Ia kemudian mendapat peran dalam pertunjukan Sherlock Holmes dan Casey’s Court Circus. Sementar itu kakanya, Sydney, telah bergabung dengan kelompok Fred Karno Company yang cukup terkenal. Sydney dengan cepat menjadi actor utama dan menulis cerita. Ia lalu mengajak Charlie bergabung sehingga menjadi bintang dalam kelompok tersebut.
Bagi keduanya, kelompok Fred Karno Company bak sekolah tinggi ilmu komedi. Mereka menempa bakat seni di kelompok ini. Pada tahun 1910, Charlie bersama Fred Karno Company mengadakan pertunjukan keliling Amerika serikat dan melakukannya lagi pada tahun 1912. Pada kali yang kedua inilah ia ditemukan oleh pencari bakat Mack Sennett, pemilik Keystone Film Company. Oleh perusahaan ini, Charlie chaplin diperkenalkan oleh dunia perfilman.
Film pertamnya berjudul Making A Living dan dibuat tahun 1914. Setelah itu Charlie banyak membintangi film-film produksi Keystone. Pada film Twenty Minutes of Love ia menyutradarai sendiri filmnya dan sejak itu ia selalu menyutradarai film-film sendiri.
Charlie sempat berpindah-pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Pada masing-masing perusahaan ia tak pernah jemu berkarya. Beberapa filmnya yang terkenal adalah The Champion, The Cure, The Immigrant, dan First National. Film panjang yang menjaadi masterpiecenya adalah The Kid.
Pada tahun 1919, bersama teman-temanya Charlie membentuk perusahaan United Artists. Film pertama yang ia buat untuk perusahaan ini dibuat tahun 1923, A Woman of Paris. Pada tahun 1940, Charlie membuat film bersuara pertamanya, The Great Dictator, yang dilanjutkan dengan Monsieur Verdouk dan Limlight, sebuah film yang menggambarkan kenangan masa kecilnya di dunia music hall. Atas pengabdiannya pada dunia film, pada tahun 1972 komedian yang lahir pada 16 april 1889 dengan nama lengkap Charlie Spencer Chaplin ini menerima piala Academi award (Oscar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan untuk berkomentar